http://pakguruonline.pendidikan.net

  

            

 

  

  

                               

MENU UTMA
KURIKULUM DATA DAN INDIKATOR PENDIDIKAN
DEWAN PENDIDIKAN & KOMITE SEKOLAH
MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
SERBA-SERBI PENDIDIKAN DAN CILOTEH GURU
PRADIKMA PENDIDIKAN MASA DEPAN
ACTION RESEARCH
ARTIKEL PAKGURUONLINE
SEJARAH PENDIDIKAN SUMATERA BARAT 
MOTIF UKIRAN MINANGKABAU
LINK WEB SEKOLAH
BERITA SEPUTAR PENDIDIKAN 

indeks 

 

Link dengan :

siswaONLine

 

Perubahan paradigma pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi membuka peluang masyarakat untuk dapat meningkatkan peran serta dalam pengelolaan pendidikan. Salah satu upaya untuk mewujudkan peluang tersebut adalah melalui Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah, yang mengacu kepada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS) 20002004. Sebagai penjabaran dari undang-undang tersebut, telah diterbitkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. (klik disini)

 

 

  

 

 

 

Ditengah tengah usaha untuk mengembalikan pendidikan kepada masyarakat muncul suara-suara yang khawatir bahwa agenda ini terancam gagal. Kekhawatiran itu pertama-tama muncul setelah orang melihat kecenderungan  bahwa konsep "Manajemen Berbasisi Sekolah", dan "Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah" merupakan solusi bagi disentralisasi pendidikan. Jika dikritisi lebih lanjut, ada suara-suara yang menyatakan bahwa "Manajemen Berbasis Sekolah" kurang menyentuh usaha pemberdayaan masyarakat. sungguhpun ditemukan elemen masyarakat dalam konsep "Manajemen Berbasis Sekolah", namun peranannya hanya artifisial. Hal ini antara lain disebabkan karena kultur masyarakat kita masih feodalistik dan paternalistik. Mereka cenderung menyerahkan urusan pengembangan sekolah yang rumit kepada mereka yang dianggap lebih mengetahui. Sementara itu, posisi masyarakat dalam konsep "Manajemen Berbasis Sekolah" bukan terletak apakah mereka mengetahui atau tidak, tetapi menyangkut soal aspirasi, keinginan, dan harapan masyarakat itu sendiri terhadap sekolah dilingkungannya.

Lebih lanjut untuk para yang peduli terhadap pendidikan bacalah beberapa judul buku berikut ini :

 

 
 
 

 

  

http://pakguruonline.pendidikan.net

Situs ini menampung sumbangan tulisan, berupa makalah, kajian, serta ciloteh para guru. Silahkan kirim tulisan  kepada web master :

zfikri@telkom.net