RENCANA PENGEMBANGAN DIKDASMEN PROVINSI 

(RPDP) SUMATERA BARAT TAHUN 2006-2010

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG.

Implementasi tiga prioritas pembangunan pendidikan nasional, meliputi pemerataan dan perluasan akses, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, serta penguatan tata kelola dan pencitraan publik, menghendaki agar pemerintah memanfaatkan otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan seoptimal mungkin untuk memacu pembangunan pendidikan daerah dalam rangka membangun pendidikan nasional secara keseluruhan dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang dimulai dari suatu kegiatan penyusunan perencananaan pengembangan pendidikan di daerah. Dalam kerangka ini, Propinsi Sumatera Barat perlu menyusun rencana pengembangan pendidikan yang komprehensif, khususnya Rencana Pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2006-2010, yang seharusnya didukung dengan data dan informasi yang akurat, lengkap, aktual dan relevan, sehingga diharapkan masalah-masalah pembinaan Pendidikan Dasar dan Menengah di Sumatera Barat dapat ditanggulangi secara efektif dan efisien dengan menggunakan sumber-sumber yang tersedia, baik melalui dana dekonsentrasi maupun dana APBD propinsi, APBD Kabupaten/Kota serta bantuan masyarakat lainnya. 

Dilihat dari sasaran pembangunan, lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan lembaga yang relatif besar dan kompleks, baik dari jumlah sekolah, pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik, eksistensi lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah di Sumatera Barat sangat dominan dan menyentuh kepentingan pendidikan berbagai lapisan masyarakat, dalam konteks inilah pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah Sumatera Barat 2006-2010 menjadi penting dan strategis, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas. Tuntutan pengembangan kompetensi out put/lulusan lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah, harus berorentasi guna memenuhi kebutuhan nasional maupun global. 

Dengan berbagai kepentingan yang beroreantasi strategis, Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat menyusun dokumen Rencana Pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah Propinsi Sumatera Barat 2006-2010, sebagai bagian dari perencanaan pendidikan Sumatera Barat secara keseluruhan. 

B.     MAKSUD DAN TUJUAN. 

Maksud dan tujuan penyusunan dokumen Rencana Pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah Propinsi (RPDP) Sumatera Barat tahun 2006-2010, adalah : 

1.   Umum : 

Sebagai acuan strategis pembinaan dan pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah Propinsi Sumatera Barat tahun 2006 sampai 2010, yang komprehensif dan terpadu sesuai dengan potensi dan kebutuhan Sumatera Barat, dengan tetap mengacu pada standar pendidikan nasional. 

2.   Khusus : 

Sebagai panduan teknis implementasi program pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah Sumatera Barat 2006-2010, meliputi pemerataan dan perluasan akses, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, serta penguatan tata kelola dan pencitraan publik dalam penyelenggaraan Dikdasmen di Sumatera Barat. 

C.    DASAR. 

  1. Undang-Undang nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;

  2. Undang-Undang nomor 32 tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah; 

  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan; 

  4. Keputusan Mendiknas RI nomor 052/U/2001, tentang Pedoman Standar Pelayanan Minimal, Penyelenggaraan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah; 

  5. Peraturan Gubernur Sumatera Barat nomor 47 tahun 2001, tentang Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat; 

  6. Paraturan Gubernur Sumatera Barat nomor 74 tahun 2005, tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Sumatera Barat tahun 2005-2009; 

D.     PENGERTIAN. 

RPDP (Rencana Pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah Propinsi), adalah suatu dokumen perencanaan Pendidikan Dasar dan Menengah Propinsi Sumatera Barat yang bersifat menyeluruh, meliputi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB). RPDP disusun oleh Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat, dengan substansi pokok berdasarkan masukan dari Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota. 

Sesuai dengan pengertian dan alur penyusunannya, RPDP merupakan rencana yang bersifat battom up dengan memperhatikan spesifikasi kebutuhan pengembangan pendidikan masing-masing daerah kabupaten/kota dalam sebuah dokumen yang disebut dengan Rencana Pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah Propinsi (RPDP) Sumatera Barat tahun 2006-2010. 

E.      RUANG LINGKUP DAN BATASAN RPDP 

Meskipun Rencana Pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah Propinsi Sumatera Barat mencakup pengembangan pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK, namun dokumen ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rencana pengembangan pendidikan secara keseluruhan yang telah digariskan dalam Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan Sumatera Barat 2006-2010. 

RPDP diharapkan disusun secara singkat dengan tetap memperhatikan muatan atau substansi dasarnya, dalam bentuk tampilan data dan informasi tentang profil Pendidikan Dasar dan Menengah Sumatera Barat saat ini maupun pengembangan lima tahun kedepan. Dalam konteks ini RPDP berperan sebagai dokumen acuan perencanaan, baik selama lima tahun maupun tahapan tahunannya, sekaligus sebagai media informasi bagi masyarakat dan stakeholder pendidikan yang memiliki perhatian dan kepedulian dalam peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan di Sumatera Barat.